Danbrigif Komodo : Sinergitas TNI-Polri dan Stakeholder Kekuatan Jaga Perbatasan RI-RDTL

oleh -49 views

Atambua,PatriotBatas.com-Batalyon Infanteri Raider Khusus 744/SYB merayakan HUT yang ke-44. Di hari spesial ini merupakan momen bagi prajurit sebagai garda terdepan dalam menjaga dan mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait itu, Danbrigif 21/Komodo menegaskan, sinergtas TNI-Polri bersama unsur elemen masyarakat di  wilayah perbatasan RI-RDTL merupakan sumber kekuatan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah Republik Indonesia.

“Sinergitas itu adalah merupakan komitmen kita bersama dari pimpinan, kita baik itu TNI maupun Polri juga stakeholder yang lain baik ditingkat pusat maupun daerah,” ujar Tunjung Setyabudi kepada awak media di Mako Tobir, Senin (24/1/2022).

Dikatakan bahwa, dalam rangka menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks, konteks di wilayah perbatasan RI-RDTL sangat penting sinergtas TNI-Polri dan seluruh stakehokder.

Jelas Tunjung, di Kabupaten Belu, TTU dan Malaka ada beberapa stakeholder yang ada, baik itu Pemda, Kepolisian juga aparat lintas sektor yang lainnya di wilayah perbatasan negara Indonesia.

“Khususnya di daerah perbatasan dimana border atau pintu perbatasan harus kita jaga bersama sesuai dengan fungsi, tugas dan tanggungjawab masing-masing,” tegas dia didampingi Kapolres Belu, Kapolres Malaka,  Danyon dan Wadan Yonif RK 744/SYB.

Kapolda NTT Minta Seluruh Elemen di Tapal Perbatasan RI-RDTL Bersinergi Jaga NKRI

Sasaran terpadu tujuannya adalah untuk menjaga keutuhan wilayah kesatuan NKRI. Sinergitas dapat dicerminkan dengan kegiatan-kegiatan, contohnya semacam pengamanan perbatasan pada saat pemeriksaan keluar masuk, kegiatan kemanusiaan dan bakti sosial.

“Selama ini vaksinasi yang sudah kita laksanakan bersama dengan Pemerintah Daerah dan Kepolisian serta seluruh pihak dalam rangka mewujudkan imunitas di perbatasan RI-RDTL,” ujar Tunjung

Ditambahkan, diusia yang ke-44 ini, kita berharap Yonif Raider Khusus 744/SYB semakin dewasa, bijak dan semakin profesional dalam rangka melaksanakan tugas, baik tugas operasi dalam rangka pengamanan perbatasan negara sendiri.

“Selain itu, lanjut dia tugas operasi lainnya dalam rangka mendukung Pemerintah, dalam rangka menegakkan dan menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI di wilayah  perbatasan RI-RDTL,” ucap dia.

Batalyon 744 ini juga mempunyai kekhususan adalah kemampuan raider yang mana pasukan raider ini dibekali kemampuan-kemampuan tempur diatas rata-rata yang diprediksikan setiap saat, siap diterjunkan kemanapun didalam tugas konteks tugas apapun, baik itu operasi militer untuk perang, maupun selain perang.

“Termasuk bantuan yang selama ini sudah kita kerjakan bersama dalam rangka penanganan bencana dan operasi, juga operasi lainnya  mendukung program Pemerintah dalam membangun wilayah dan bangsa,” ungkap Tunjung. (yb_paTas)

No More Posts Available.

No more pages to load.