Jelang Idul Fitri 1445 H 2024, Stok Beras di Kabupaten Belu Mencukupi

oleh -17 views

Atambua,PatriotBatas.com-Ketersediaan atau stok beras di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur perbatasan RI-RDTL jelang bulan suci Ramadhan tahun 2024 mencukupi.

Hal tersebut sesuai hasil pantauan Unit Tipidter selaku Satgas Pangan Polres Belu di pasar tradisional serta sejumlah distributor yang berada di wilayah Kota Atambua, Selasa 2 April 2024.

Kasat Reskrim Polres Belu, IPTU Djafar Alkatiri mengatakan, pemantauan stok sekaligus harga beras jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah guna memastikan ketersediaanberas sekaligus antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga beras.

“Hasil pantauan, stok beras di Belu aman, meski ada kenaikan harga untuk jenis beras premium yang menyesuaikan dengan kenaikan harga dari pulau jawa,” kata Alkatiri.

Jelas dia, ada beberapa komoditas memang mengalami kenaikan seperti beras,gula pasir, bawang merah dan bawang putih. Tapi masih stabil, tidak terjadi lonjakan yang besar dan sudah berangsur menurun.

“Dari hasil pantauan harga beras di pasaran berada di kisaran Rp.15.000 sampai dengan Rp. 17.000,” sebut Alkatiri.

Namun, kata dia kondisi tersebut tidak mengganggu para pembeli sebab ketersediaan dan harga beras serta bahan pokok lainnya di pasar tradisional masih mencukupi.

Tegas dia, untuk mengantisipasi kekurangan stok beras jelang hari raya, pihaknya akan terus melakukan pemantauan penyaluran beras di distributor maupun di pasar tradisional hingga pasar mingguan.

google.com, pub-2294605306840270, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2294605306840270, DIRECT, f08c47fec0942fa0

“Kita akan rutin pantau hingga usai lebaran untuk antisipasi jangan sampai terjadi penimbunan yang nantinya akan berdampak pada kekurangan stok dan kenaikan harga,” ungkap Alkatiri.

Lanjut dia hingga kini unit Tipidter Polres Belu belum menemukan indikasi adanya penimbunan ataupun penggelembungan harga beras yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

“Kita minta seluruh warga masyarakat Belu untuk tidak khawatir mengenai ketersediaan atau stok dan harga beras. Satgas Pangan akan rutin pantau di pasar pasca lebaran,” pungkas Alkatiri. (tim_paTas)

No More Posts Available.

No more pages to load.