Satlantas Polres Belu dan Instansi Terkait Komitmen Perkuat Pencegahan Lakalantas

oleh -14 views

Atambua,PatriotBatas.com-Satlantas Polres Belu bersama PT. Jasa Raharja Belu serta instaai terkait berkomitmen dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur perbatasan RI-RDTL.

Hal itu terkemuka dalam Forum Grup Diskusi Forum Kecelakaan Lalu Lintas (FGD FKLL) di aula Mapolres Belu, Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL, Rabu tanggal 15 November 2023 lalu.

Menurut Kasatlantas Polres Belu, IPTU Marthen Luther Petterson, dalam kegiatan FGD FKLL dihadiri instansi lain seperti Dinas Kesehatan Belu, BP4D Belu, Dinas PUPR Belu, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Belu yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas.

“Pencegahan kecelakaan lalu lintas adalah tanggung jawab bersama seluruh warga Kabupaten Belu, bukan hanya tugas Polres Belu tapi dengan lima instansi lain terkaitnya,” kata dia saat dihubungi media, Sabtu (18/11).

Setiap instansi memiliki peran penting di bidangnya masing-masing, seperti regulasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan oleh BP4D, pemeliharaan jalan lalu lintas oleh Dinas PUPR, uji kendaraan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, penyediaan ambulance dan fasilitas kesehatan oleh Dinas Kesehatan.

“Penindakan hukum dan kampanye keselamatan dilakukan oleh Polres Belu dan sosialisasi keselamatan lalu lintas dan kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ juga dilakukan oleh PT Jasa Raharja,” ujar Mantan Kasat Lantas Polres TTU itu.

Terpisah, perwakilan Pj PT. Jasa Raharja Belu, Saverius P. da Santo, menyampaikan bahwa Jasa Raharja terus berupaya memberikan perlindungan dasar terhadap risiko kecelakaan lalu lintas dengan pelayanan terbaik.

“Kami tetap menjaga komitmen ini dan juga mengajak masyarakat untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebelum jatuh tempo,” ungkap dia.

Lanjut Santo, dari hasil diskusi kemarin menunjukkan komitmen bersama keenam FKLL untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan di Kabupaten Belu. (yb_paTas)

No More Posts Available.

No more pages to load.